Iklan Adsense Otomatis

6 Cara Meningkatkan Rasa PD untuk Berbicara Bahasa Inggris

Bagaimana Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak ketika Berbicara dalam Bahasa Inggris?

Image result for confident
source: kidsbaron.com
Apa kabar, Teachers? Semoga masih tetap dan semakin semangat mengajar dan menumbuhkan potensi-potensi terbaik para siswanya ya! Postingan kali ini akan berbagi tips agar siswa kita lebih PD berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Sebagai coach Bahasa Inggris, saya sering sekali  menjumpai anak-anak yang ogah-ogahan, ragu, takut, malu, dan takut salah ketika diminta ngobrol dalam bahasa  ini. Usut  punya usut, beberapa penyebabnya ternyata:

  • Pernah ditertawakan ketika terjadi salah pengucapan atau kelupaan kata-kata. Bagi sebagian anak,  peristiwa ditertawakan mungkin biasa saja; tetapi ada sebagian anak yang mengartikan ini sebagai penghinaan dan tanda ketidaklayakan yang berakibat putus asa.
  • Pernah dimarahi guru tanpa pembenaran atau solusi semestinya. Entah jengkel atau ada  masalah lain, kadang anak menjadi korban emosi sang guru. Alih-alih dengan sabar membetulkan kesalahannya, guru berteriak dan menyindir bahwa siswa tidak bisa, apalagi  tanpa solusi. Efeknya, siswa merasa tidak akan pernah bisa karena tidak pernah belajar hal baru.
  • Kurang termotivasi dan apresiasi. Siswa kurang paham mengapa mereka perlu belajar bahasa Inggris, sehingga siswa  kurang termotivasi untuk  lebih berani dan disiplin berbicara.
Dengan penyebab di atas, solusi yang bisa dilakukan adalah:

https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&ved=2ahUKEwiUkInyv_jjAhUaS48KHR3eCO0QjRx6BAgBEAQ&url=https%3A%2F%2Freadyconvenience.com%2Farticles%2Femployee-appreciation-convenience-stores%2F&psig=AOvVaw37U9zOHhKdnVGnK6_JvHoQ&ust=1565532744563809
source: convenience.net

First thing first, berikan  apresiasi atas usaha mereka dalam berbicara. Apresiasi tidak harus berbentuk barang; bisa juga dalam bentuk simbol (bintang), nilai, sertifikat, atau pujian secara  verbal dengan mengatakan, “Wow! You speak very good!” Apresiasi tersebut akan meningkatkan motivasi mereka untuk memberikan usaha yang lebih baik.

Kedua, rancang rule untuk “tidak menertawakan” dan “tidak mengejek”; sehingga ketika ada yang lupa cara mengucapkan, salah kata, atau melakukan kesalahan kecil, bisa diingatkan untuk lebih membantu memperbaiki daripada menertawakan / mengejek.

Juga beri respon konstruktif ketika anak melakukan kesalahan, dengan kepala dingin dan sabar.

Image result for creative speaking activities
source: englishteaching101.com
Berikan variasi kegiatan untuk mengasah kemampuan bicaranya. (Note: Baca di sini untuk mengetahui macam-macam metode mengajar Speaking). Semakin banyak bentuk aktivitas siswa  untuk berlatih kalimat, maka semakin senang pula mereka untuk speaking.

Hal ini bisa dengan cara sebelum pelajaran dimulai, tanya kabar dan minta mereka bercerita tentang keseharian mereka dalam Bahasa  Inggris. Apabila kelasnya berisi lebih dari 10 siswa, dapat dibuat jadwal kelompok untuk bergantian cerita.

Terakhir, motivasi siswa untuk  mengikuti lomba  yang terkait dengan komunikasi bahasa Inggris; misal pidato, debat, quiz, spelling bee, atau story telling.


Semoga keenam  trik tersebut membantu para siswa lebih cepat menguasai dan  menggunakan bahasa Inggris ya, Teachers! Jangan lupa, perbanyak sabar. Cheers!!