Iklan Adsense Otomatis

Bahaya Narkoba bagi Tubuh Kita

Jenis – Jenis Narkoba: Dampak Bahaya Narkoba bagi Remaja

Foto : Ilustrasi/mirajnews.com
Apakah teman-teman mengetahui bahwa penyalahgunaan Narkoba dapat membahayakan nyawa kita? Nah, ngeri bukan! Seyogyana, Narkoba ini adalah sejenis obat-obatan yang digunakan pada ahli medis untuk membius pasien saat menjelang operasi, tetapi sebagian orang menyalahgunaan obat-obatan ini sehingga mengakibatkan efek Adiktif bahwa obat-obatan yang digunakan ahli medis menjadi obat-obat terlarang. 

(Baca juga terkait Upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba)

Di Indonesia memberikan nama lain untuk Narkoba ini dengan sebutan NAPZA yang singkatnya Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif). Bahkan pemerintah telah membuat regulasi peraturan perundang-undangan yang tertuang dalam UU RI No. 22 Tahun 1997 mengenai Narkotika Umum dan UU RI No. 5 Tahun 1997 mengenai Psikotropika.
Dibawah ini, kita dapat mengenali jenis Narkoba antara lain,  

- Heroin (Putaw) 

Heroin adalah derivative 3.6-diasetil dari morfin (karena itulah namanya adalah diasetilmorfin). Heroin memiliki nama lain yakni putaw. Heroin berbentuk bubuk dan berwarna putih keabuan. Obat ini sangat mudah menembus otak dapat bereaksi lebih kuat dari pada morfin itu sendiri. Umumnya digunakan dengan cara disuntik atau dihisap.

Adapun dampaknya ialah
1.  Pengguna akan mengalami rasa kesibukan yang sangat cepat diikuti rasa menyenangkan seperti berhalusinasi yang penuh kedamaian dan kepuasan atau ketenangan hati. Ingin selalu menyendiri untuk menikmatinya.
2.  Pengguna akan mengalami denyut nadi melambat, tekanan darah menurun, otot–otot menjadi lemas, diafragma organ mata (bagian pupil) mengecil. Mengurangi bahkan menghilangkan kepercayaan diri.
3.  Pengguna akan mengalami kesulitan membuang hajat besar, kesulitan dorongan seksual, jantung berdebar-debar, kemerahan dan gatal di sekitar hidung, timbul gangguan kebiasaan tidur.

4.   Jika sudah toleransi, semakin mudah depresi dan marah sedangkan efek euforia (kesenangan) semakin ringan atau semu

 - Opium

Opium dapat digolongan Narkotika alami yang sering digunakan dengan cara dihisap (inhalasi). Obat ini dapat menimbulkan, antara lain

  1. Menimbulkan rasa kesibukan (rushing sensation) 
    2. Menimbulkan semangat
 3. Merasa waktu berjalan lambat.
 4. Pusing, kehilangan keseimbangan/mabuk.
 5. Merasa rangsang birahi meningkat (hambatan seksual hilang).  
 6. Timbul masalah kulit di sekitar mulut dan hidung

- Kokain

Obat ini memiliki 2 bentuk yakni bentuk asam (kokain hidroklorida) dan bentuk basa (free base). Kokain asam berupa kristal putih, rasa sedikit pahit dan lebih mudah larut dibanding bentuk basa bebas yang tidak berbau dan rasanya pahit. Ditemui beberapa nama jalan yang kadang memakai sebutan koka, coke, happy dust, snow, charlie, srepet, salju, putih. Disalahgunakan dengan cara menghirup yaitu membagi setumpuk kokain menjadi beberapa bagian berbaris lurus di atas permukaan kaca dan benda yang mempunyai permukaan datar. Kemudian dihirup dengan menggunakan penyedot atau gulungan kertas. Selain itu, dapat dibakar bersama tembakau yang sering disebut cocopuff. Saat menghirup kokain berisiko luka pada sekitar lubang hidung bagian dalam.  Adapun dampak pemakaian Kokain terhadap penggunanya, antara lain 
-      Menimbulkan keriangan, kegembiraan yang berlebihan (ecstasy).
-      Hasutan (agitasi), kegelisahan, kewaspadaan dan dorongan seks.
-      Penggunaan jangka panjang mengurangi berat badan.
-      Timbul masalah kulit.
-      Kejang-kejang, kesulitan bernafas.
-      Sering mengeluarkan dahak atau lendir.