Iklan Adsense Otomatis

Cara Super Easy untuk Belajar Speaking English

Howdy, Fellas! Bagaimana kabarnya hari ini? Kalau kemarin-kemarin kita sudah mendiskusikan tentang memperbanyak kosakata dan meningkatkan rasa percaya diri, artikel ini akan membahas 5 cara untuk melancarkan  kemampuan kita berkomunikasi dalam bahasa Inggris.





Ngobrol  menggunakan bahasa Inggris ini sulit-sulit mudah, karena kita terbiasa belajar bahasa Inggris melalui teori Grammatikal (dengan 16 tenses, modal, dan aturan bejibun lainnya) dan bacaan esai-esai panjang. Sementara waktu untuk mengasah keterampilan mendengar, menulis, dan berbicara sangat sedikit sekali. Dampaknya kita paling mampu mempraktikkan keterampilan pasif tanpa diimbangi keterampilan berbahasa secara aktif. Yuk, langsung saja praktikkan 5 cara di bawah ini untuk melatih kalimat sederhana yang ingin kamu ucapkan.

Check it out!

Snake and Ladder


Image result for snakes and ladder activities related to vacation
source: pinterest.com
Aturan sederhana permainan ular tangga masih tetap berlaku: pion peserta jalan sesuai jumlah dadu. Yang diubah hanyalah tantangan di masing-masing kotak. Misalnya kotak nomor 1 diisi dengan "Tell everyone about your family", kotak nomor 10 bisa jadi diisi dengan "Tell everyone about your best experiences". Tantangan cerita aneh atau lucu akan membuat semua peserta tertawa dan bergembira sambil ngobrol dalam bahasa Inggris.


Pictorial Description


Image result for pictorial description
source: tripadvisor.ie
Kamu harus menyiapkan seperangkat alat shalat kartu dengan beberapa gambar tertentu untuk membantumu berbicara. Misalnya, hari ini kamu ingin belajar tentang topik nature/alam, maka set kartumu adalah tentang pemandangan alam, tumbuhan, kegiatan di alam, dan yang berhubungan dengan pelestarian alam. Minta temanmu untuk saling memberikan kartu secara acak supaya bisa kamu deskripsikan.

Survey/Interview

source: www.independent.co.uk
Artinya, kamu harus menyiapkan seperangkat pertanyaan terkait topik yang kamu pelajari. Begitu juga dengan temanmu. Pertanyaan yang kalian ajukan boleh sekreatif mungkin agar sesi wawancara ini tidak seperti wawancara kerja.

Role Play/Drama


Related image
source:  youtube.com
Ada yang suka menonton drama? Kamu bisa memilih untuk menciptakan dramamu sendiri atau mereka ulang adegan dengan berperan sebagai karakter di drama favoritmu. Saat mereka ulang adegan, kamu boleh mengganti dialog sesuai topik yang kamu pelajari. Pastikan aktingmu bagus ya!

Chain Story

Image result for chain story
source: bilinguistics.com
Kamu suka menyambung cerita orang lain? Inilah metode yang tepat untukmu dalam belajar berbicara bahasa Inggris. Dengan dimulai dari kalimat sederhana dari temanmu, kamu dapat memulai cerita dengan ide kreatif yang kamu punya. Tapi hati-hati ya, jangan sampai chain story ini dimanfaatkan untuk menyebarkan gosip juga.

Kalau begini, masih keukeuh bahwa ngobrol dalam bahasa Inggris itu sulit? Nggak lah yew! Kamu hanya perlu partner yang niat sepenuh hati dalam menemanimu belajar, plus kamu juga perlu menjadi kreatif agar sesi belajarmu jadi menyenangkan! Selamat belajar!