Iklan Adsense Otomatis

Program PPKA (Peminjaman dan Pengembalian Koleksi Antar)

PROGRAM PPKA (PEMINJAMAN-PENGEMBALIAN KOLEKSI ANTAR)

DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA, KAMPUS B

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pelayanan Jasa Informasi


Pendahuluan

Sebagai suatu lembaga pendidikan tinggi, perguruan tinggi dikelola dengan berpedoman pada kepentingan seluruh civitas akademika yaitu mahasiswa, tenaga pengajar serta karyawan. Untuk mendukung keberhasilan dari tujuan program perguruan tinggi, maka perguruan tinggi haruslah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, salah satunya adalah tersedianya perpustakaan. Penyediaan perpustakaan di dalam lingkungan perguruan tinggi adalah untuk turut melaksanakan Tridharma perguruan tinggi yaitu dengan menyediakan, mengorganisasikan serta memberikan pelayanan kepada pengguna perpustakaan.

Perpustakaan merupakan lembaga yang dibangun dengan berorientasi pada pengguna, melalui layanan yang diberikan pada pengguna berupa penyediaan kebutuhan informasi pengguna. Tersedianya kebutuhan informasi yang actual serta layanan yang berkualitas. diharapkan akan memuaskan pengguna. Menurut Simmonds dalam Adeniran (2011) terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna yaitu: 1resposiveness, 2competence and assurance,3 tangibles, and 4resources. Sowole dalam Adeniran (2011) menyebutkan bahwa pustakawan harus melakukan usaha maksimal untuk menjamin serta memastikan pengguna perpustakaan mereka telah memperoleh layanan terbaik yang mereka berikan.

Penggunaan perpustakaan oleh pengguna secara terus-menerus serta kepuasan pengguna atas layanan yang diberikan pustakawan tergantung pada beberapa hal. Abagai dalam Adeniran (2011) menyebutkan bahwa penggunaan serta kepuasan pengguna tergantung pada ketersediaan bahan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, akomodasi, dan staff atau pustakawan yang kompeten. Yangmana dalam makalah ini kami lebih menyoroti pada masalah akomodasi.

Akomodasi yang dimaksud dalam hal ini adalah sesuatu atau fasilitas yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan. Dalam hal ini kebutuhan yang dimaksud yaitu bahan bacaan untuk pengguna, dan dalam menyalurkan koleksi bahan bacaan tersebut dapat melalui layanan peminjaman yang dapat dilakukan dengan cara mendatangi perpustakaan secara langsung atau melalui layanan-layanan lainnya yang disediakan oleh perpustakaan tersebut. Namun dalam penyediaan layanan peminjaman koleksi di perpustakaan terkadang terdapat suatu permasalahan, dimana peminjam terkadang ada yang telat atau bahkan tidak mengembalikan koleksi yang telah dipinjam. Banyak hal yang membuat hal ini terjadi, salah satunya adalah karena pengguna malas untuk datang ke perpustakaan dan juga malas untuk mengantre ketika meminjam maupun mengembalikan buku.

Salah satu perpustakaan yang mengalami hal tersebut adalah perpustakaan Universitas Airlangga Kampus B. Perpustakaan kampus B merupakan perpustakaan utama yang menjadi rujukan bagi mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di kampus B. Dalam pelaksanaannya, terdapat kendala dimana mahasiswa banyak yang terlambat mengembalikan buku yang dipinjam yang mengakibatkan pada banyaknya mahasiswa yang terkena denda pengembalian buku. Denda yang dikenakan bahkan ada yang mencapai jutaan karena pengguna lupa bahwa mereka telah meminjam buku.

Peristiwa tersebut membuat kami tergerak untuk mencari solusi agar koleksi yang dipinjam pengguna dapat kembali ke perpustakaan. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk menyelenggarakan layanan peminjaman serta pengembalian yang bisa membantu pengguna dalam mengembalikan maupun meminjam koleksi. Layanan tersebut kami beri nama Peminjaman dan Pengembalian Koleksi Antar (PPKA).

Program layanan PPKA ini merupakan program layanan sirkulasi dimana pengguna yang ingin melakukan peminjaman atau pengembalian buku tidak perlu datang secara langsung ke perpustakaan, sehingga menghemat waktu, tenaga serta biaya pengguna. Pengguna hanya perlu melakukan pemesanan dengan menghubungi contact person yang telah disediakan melalui aplikasi whatsapp. Setelah melakukan pemesanan, maka nantinya petugas akan mengirim koleksi yang ingin dipinjam atau juga mengambil koleksi yang akan dikembalikan oleh pengguna. Dengan adanya layanan tersebut, kami berharap agar tidak ada lagi kejadian pendendaan akibat telat mengembalikan buku maupun karena malas untuk mengembalikan buku sebab antre.

Tujuan Program PPKA

Program PPKA (Peminjaman-Pengembalian Koleksi Antar) merupakan salah satu inovasi yang mampu dan diharapkan dapat diterapkan di perpustakaan Universitas Airlangga dengan tujuan sebagai fokus kepuasan pengguna demi menunjang kedisiplinan baik peminjaman-pengembalian koleksi secara tepat waktu bagi para civitas akademika, maupun masyarakat umum yang menggunakan jasa layanan antar ini yang disediakan oleh perpustakaan Universitas Airlangga. Hal ini dapat mengurangi bahkan menghilangkan hambatan-hambatan dari pengguna saat melakukan peminjaman-pengembalian koleksi. Selain itu, dapat dilihat era teknologi saat ini, munculnya transportasi online tak hanya terbatas dari apa yang dimiliki tetapi layanan pembaharuan yang didapatkan dengan terus menerus mencari informasi secara global, dimana kebutuhan para pengguna semakin meningkat dan semakin beragam. Oleh karena itu, perpustakaan harus mampu menjadi wadah penyedia kebutuhan yang berorientasi pada kepuasan pengguna. Manfaat Program PPKA
a. Memberikan kontribusi pemikiran bagi pustakawan untuk berinovasi mengembangkan layanan yang berorientasi kepuasan bagi pengguna perpustakaan Universitas Airlangga.
b. Menambah wawasan pengetahuan dan informasi bagi pustakawan untuk terus-menerus melakukan pengembangan layanan-layanan yang bermanfaat bagi pengguna atau dapat digunakan sebagai ide atau evaluasi dari layanan-layanan yang telah ada.
c. Menambah wawasan pengetahuan bagi penulis terkait dengan adanya layanan-layanan yang dikembangkan dan diterapkan di perpustakaan.

tag: Ilmu perpustakaan, Inovasi Layanan Perpustakaan,Kampus B, Universitas Airlangga Surabaya