Iklan Adsense Otomatis

Sudah Vaksin Tapi Sertifikat Tidak Muncul di Peduli Lindungi, Ini Solusi dari Kementrian Kesehatan RI

Sudah Vaksin Tapi Sertifikat Tidak Muncul di Peduli Lindungi, Ini Solusi dari Kementrian Kesehatan RI



Sertifikat vaksin Covid-19 yang diketahui masyarakat adalah sertifikat diperoleh dari orang yang divaksinasi bisa diunduh dan disimpan untuk digunakan saat seseorang melakukan perjalanan jauh. Sertifikat vaksinasi yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI biasanya diberikan atau mendapat himbauan dari petugas setempat misal disalurkan kepada RT atau PKK atau Karang Taruna untuk diberikan kepada warganya yang telah dapat vaksin. 

Namun, tidak semua orang yang telah divaksinasi dapat menerima kartu vaksinasi yang sebenarnya. Banyak juga yang mengklaim bahwa sertifikat vaksinasi tidak muncul di aplikasi Peduli Lindungi atau di web bahkan sampai tidak mendapat sms dari 1199. Hal ini menyebabkan orang yang telah divaksinasi yang tidak mendapatkan sertifikat vaksin akan mengalami mengeluh dan bertanya-tanya mengapa sertifikat vaksinasi tidak ditampilkan. Solusinya adalah?

Solsi ini untuk masalah ini adalah mengajukan keluhan ke PeduliLindungi dengan cara menghubungi call center 119 dengan ekstension 9, biasanya sertifikat vaksin dikeluarkan dalam kurun waktu 14 hari setelah lapor. 

Disisi lain, perubahan informasi terus diperbaharui pada situs PedulLindungi kini guna mempermudah mendapatkan sertifikat vaksin tanpa menghubungi call center untuk menghindari layanan komunikasi yang penuh. Berikut cara unduh dan simpan sertifikat tanpa telepon call center.

1. Akses laman PeduliLindungi.id dengan registrasi melalui menu login/register 

2. Jika sudah memiliki akses akun PeduliLindungi, berhak otomatis mengecek notifikasi teks yang berada diatas pada website PeduliLindungi "Sudah melakukan vaksinasi Covid-19? cek sertifikat Anda Disini" . Kemudian klik tulisan "disini"

3. Isi formulir Nama Lengkap, NIK/Paspor, Tanggal Lahir, Tanggal Vaksin, Jenis Vaksin, kemudian klik centang "saya bukan robot".

4. Klik periksa, jika pengisian formulir telah benar dan sesuai maka akan tampil sertifikat vaksin (1 dan 2). 

Untuk mempermudah penjelasan 1-4, saya telah menyiapkan video tutorial di bawah ini