Iklan Adsense Otomatis

Definisi Tacit Knowledge dan Explicit Knowledge

Definisi Tacit Knowledge dan Explicit Knowledge

Hello friends, I hope you are well today!
Ditulis oleh Wahyu Febrianto


Secara sederhananya, tacit knowledge adalah pengetahuan baik pengalaman yang dimiliki tiap perorangan (individu) yang berada di dalam otak atau pikiran individu sehingga pengetahuan ini belum terpublikasikan juga belum digunakan kembali oleh orang lain. Menurut Martin (dalam Indarti 2014) menyatakan bahwa pengetahuan individu diperoleh dari pendidikan formal maupun informal meliputi juga intuisi, ingatan, pengalaman, storytelling dan segala hal yang sedang dipelajari tiap individu.

Berdasarkan pengertian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tacit knowledge adalah pengetahuan yang berasal dari pengalaman, pengetahuan individu, ingatan, instuisi, storytelling atau proses pembelajaran yang terbentuk dalam personal baik kelompok bersifat subyektif atau tidak mudah ditransfer dengan orang lain yang belum pernah mengalami atau mendapatkan pengetahuan itu sebelumnya. Sedangkan explicit knowledge adalah pengetahuan baik pengalaman dimiliki tiap individu telah dipublikasikan melalui bentuk nyata dalam tulisan maupun video di youtube, blog, website, dan buku agar mudah diakses dan mudah dipahami bagi orang lain. Menurut Nonaka dan Takeuchi (dalam Setiarso et al 2009),
“Explicit knowledge (documented, computer) readily accessible, as documented into formal knowledge resources that are often well organized.”
Artinya pengetahuan ekplisit merupakan pengetahuan yang mudah diakses, telah didokumentasikan dalam sumber pengetahuan formal yang telah dikelola secara baik. 

Dengan demikian dapat diringkas bahwa explicit knowledge merupakan pengetahuan berasal dari bentuk yang telah dipublikasikan secara tulisan maupun video yang telah dikelola informasinya secara baik dalam media berupa tv, radio, youtube, blog, website, jurnal ilmiah, koran, dan majalah dengan tujuan dapat mudah diakses, dipahami, serta digunakan kembali oleh orang lain.

Di bawah ini menggambarkan tacit knowledge dan explicit knowledge dari kehidupan penulis sehari-hari.

Awal memulai karir sebagai youtuber dikenal secara umum penulis sebagai konten kreator youtube yang berangkat dari ketidaktahuan atau sedikitnya dari segi pengalaman maupun pengetahuan yang dimiliki di dunia ini. Oleh karena itu, penulis beranjak menunai beragam cara untuk menggali, mengetahui, juga memahami bagaimana menjadi konten kreator yang mampu memberikan isi konten yang menarik, informatif dan aplikatif bagi orang lain. Adanya langkah kursus seksama komunitas konten kreator didalamnya dari berbagai asal daerah mulai Jawa hingga Bali yang saling memberikan ide atau gagasan, menukar permasalahan dan penyelesaian terkait pengambilan baik pengeditan gambar maupun video. Hal ini, penulis telah menuangkan ide atau gagasannya untuk mengenalkan program studinya di Universitas Airlangga Surabaya yakni Ilmu Informasi dan Perpustakaan kepada masyarakat umum. Dari mulai bagaimana mengenal program studi, bentuk keilmuan apakah yang didapatkan, serta bagaimana bentuk pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari yang dipublikasikan berbentuk video melalui youtube.

Nah, sampai disini dulu akhir cerita dan berbagi pengetahuannya. Salam semangat!

Daftar Pustaka

Indarti, N., Dhiani Dyahjatmayanti. (2014). Menejemen Pengetahuan Teori dan Praktik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, hlm. 39-41
Setiarso, B. et al. (2009). Knowledge Management di Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, hlm. 10