Iklan Adsense Otomatis

Tempat Bersejarah di Surabaya

Sejarah Museum Hotel Majapahit Surabaya

Hotel Majapahit berada di sebelah selatan Varna Culture Hotel Soerabaja, atau di depan gedung Badan Pertanahan Nasional di Jalan Tunjungan No. 65 Kelurahan Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Hotel ini adalah milik Lucas Martin Sarkies dijelaskan berdasarkan brosur Hotel Majapahit, yang Brief History. Pada 1900 Lucas Martin Sarkies membeli tanah seluas 1.000 m² di Jalan Tunjungan untuk mengikuti jejak ayahnya membangun hotel mewah. Dia menyewa desainer terkenal Alfred Bidwell untuk membangun hotel bergaya Art Nouveau Kolonial Belanda. Pembangunan hotel tersebut menghabiskan 500.000 gulden (koin emas), peletakan batu pertama dalam pembangunan hotel ini dilakukan oleh Eugene, anak laki-laki Lucas Martin Sarkies, pada 1 Juni 1910 dan peresmiannya dibuat dengan acara yang meriah pada 1911.
Tahun 1931 terdapat desain interior gaya Art Deco oleh arsitek Prof. Ir. Charles Prosper Wolff Schoemaker berada di depan pintu masuk lama sebagian ruang masuk yang baru dibangun. Gaya Art Deco merupakan langgam yang menggunakan ornamen-ornamen historikal dan tradisional, sehingga Art Deco bisa dikatakan sebagai langgam yang memiliki muatan lokal. Kemudian pada tahun 1936 lobi bergaya Art Deco diperluas dan diresmikan oleh Pangeran Leopold III dan Putri Astrid dari Belgia serta bintang film terkenal Charlie Chaplin yang ditemani istrinya, aktris Paulette Goddard, serta Joseph Conrad, seorang novelis berdarah Inggris-Polandia.
Menurut sejarah, Hotel Majapahit Surabaya ini bukanlah nama pertama melainkan sudah berganti nama berkali-kali. Berikut tahap pergantian nama dan perkembangan yang terjadi sesuai dengan urutan tahunnya:
Tahun 1910: pertama kali dibangun dengan nama Oranje Hotel atau Hotel Oranye oleh Sarkies bersaudara
Tahun 1942: berubah nama menjadi Yamato Hoteru atau Hotel Yamato
Tahun 1945: berubah nama menjadi Hotel Merdeka atau Hotel Liberty
Tahun 1946: berubah nama menjadi Hotel LMS (Lucas Martin Sarkies)
Tahun 1969: disebut sebagai Hotel Majapahit
Tahun 1996: dijuluki sebagai Mandarin Oriental Majapahit Hotel Surabaya.
Tahun 2006: 10 tahun dari 1996, tetap menyandang nama Hote Majapahit Surabaya.