Iklan Adsense Otomatis

Contoh Membuat Surat Kuasa Mudah

 Contoh Membuat Surat Kuasa Mudah






Halo Guys! Mimin sedang menyapa kalian, para pembaca blog www.belajarseru.com. semoga kalian senantiasa keadaan sehat. amin
Prolognya sampai disini dulu, sekarang mimin akan fokus mengajarkan kepada kalian bagaimana membuat surat kuasa yang benar dan mudah agar apapun yang dihadapi terkait permasalahan administrasi akan terselesaikan. Perlu diketahui ada banyak contoh surat kuasa untuk berbagai keperluan, misalnya surat kuasa pengambilan e-KTP (KTP Elektronik), Jual beli tanah, ahli waris, bank, pribadi dan lain sebagainya. Mimin akan membahas mulai dari pengertian Apa surat kuasa itu? Sebutkan Karakteristik Surat Kuasa? Bagaimana contoh membuat surat kuasa? Jenis-Jenis Surat kuasa apa saja? kalian harus tahu!

Apa surat kuasa itu?

surat yang menjelaskan bahwa isinya untuk memberikan kekuasaan atau wewenang dari pihak pertama kepada pihak lain (seperti keluarga, teman, kerabat kerja) yang diberikan kepercayaan sebab pihak pemberi kuasa sedang tidak bisa melakukan sendiri atas suatu tugas.

Ciri Surat Kuasa

Pertama, Judul surat menjelaskan "SURAT KUASA"
Kedua, Penggunaan bahasa dalam isi surat kuasa menggunakan bahasa baku atau formal
Ketiga, Isi surat kuasa menerangkan bahwa seseorang telah memberikan wewenang atau kekuasaan kepada pihak lain yang dipercayai.  

Bagaimana contoh membuat surat kuasa?

Surat Kuasa Pengambilan E-KTP (KTP Elektronik)

Jenis-Jenis Surat kuasa apa saja?

1. Surat Kuasa Perseorangan

Perihal surat kuasa yang diberikan oleh pihak pertama kepada pihak lain bahkan suatu perusahaan atau instansi atau organisasi dalam kegiatan yang senyatanya mengandung kepentingan personal, seperti pengambilan e-KTP, pengambilan barang pribadi atau lelang, maupun pengambilan gaji dan surat berhaga lain-lain.

2. Surat Kuasa Kedinasan

Perihal surat kedinasaan biasanya digunakan oleh pihak perusahaan swasta atau instansi pemerintahan, organisasi lingkup masyarakat kepada orang yang dipercaya dan memiliki yang status jabatan tertentu yang berfungsi untuk menerima suatu amanah yang mengatasnamakan pimpinan bahkan organisasi.  

3. Surat Kuasa Istimewa

Perihal surat kuasa istimewa digunakan oleh bidang hukum untuk diberikan kepada pihak-pihak yang terikat untuk menyelesaikan permasalahan hukum.

Untuk episode bagaimana membuat surat kuasa yang baik, mudah dan benar telah selesai. mimin telah sharing knowledge kepada kalian semua agar tidak hanya mengerti bagaimana contoh surat kuasa tetapi memahami fungsi-fungsi surat kuasa berdasarkan jenisnya dan contoh penggunan surat kuasa. see you next materi, guys. mimin pamit