Iklan Adsense Otomatis

Kumpulan Pidato: Acara Perpisahan Sekolah dan Pesta Ulang Tahun

Pada kesempatan hari ini, mimin akan membagikan sebuah pengetahuan tentang teks pidato, terkait arti teks pidato dan macam-macam teks pidato: Acara Perpisahan Sekolah dan Pesta Ulang Tahun.

Arti Teks Pidato

Sebuah kerangka naskah yang disusun dengan memperhatikan kaidah penulisan, penggunaan tanda baca, dan pilihan kata baku. Orang yang melakukan pidato disebut sebagai orator. Ungkapan berpidato bertujuan mengungkapkan pendapat atau gambaran mengenai suatu hal dan menganalisis pendengar agar pidato yang disampaikan menjadi efektif dan efisien.

Ciri-Ciri Teks Pidato

1. Isi pidato mengandung kebenaran informasi;
2. Cara penyampaian pidato disesuaikan dengan para pendengar.

Pidato: Acara Perpisahan Kelas 6 Sekolah SD Negeri Gading I Surabaya 

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Yth. Ibu Kepala Sekolah SDN Gading I, Hj. Suparmi, S.Pd, M.M.

Yth. Bapak/Ibu Guru beserta karyawan SD Negeri Gading I

Yth. Bapak/Ibu Orang tua siswa

Adik-adik kelas serta teman-teman kelas VI yang saya banggakan

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata'ala yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita sehingga pada hari ini kita dapat menghadiri acara perpisahan.

Saya atas nama siswa-siswi kelas VI mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami dari kelas 1 hingga kelas VI dengan sabar da memperlakukan kami seperti anak-anak sendiri. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan kami buat baik yang sengaja dan tidak sengaja. Kami mohon doa restu untuk melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan lebih tinggi. 

Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati bapak/ibu guru, saya memohon maaf sebesar-besarnya.

Wabillahitofik Walidaya

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Pidato: Acara Pesta Ulang Tahun Chelsea

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Yth. Bapak/Ibu Orang Tua Chelsea

Yth. Bapak/Ibu teman-teman

Teman-teman yang saya sayangi


Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata'ala yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kita sehingga kita dapat hadir di acara pesta ulang tahun teman kita, Chelsea.

Saya mengucapkan selamat ulang tahun sahabat saya yang bernama Chelsea. Semoga panjang umur, sehat selalu, tambah pinter, tambah cantik, berbakti kepada kedua orang tua, taat beribadah, cita-cita kamu tercapai dan nilai Ujian Nasional kamu mendapatkan nilai yang baik. 

Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila ada tutur kata yang kurang berkenan di hati bapak/ibu dan para hadirin. Sekian pidato saya.

Wabillahitofik Walidaya

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Demikian hari ini, mimin sharing pengetahuan tentang teks pidato dan contoh-contohnya. Ini dapat menambah wawasan dan pengalaman, tip bagi para pembaca saat latihan pidato di muka umum.