Iklan Adsense Otomatis

Games Penambah Kosakata Bahasa Inggris

Siapa yang pusing karena kosakata Bahasa Inggrisnya nggak nambah-nambah padahal sudah banyak mendengarkan lagu, nonton banyak film Hollywood, atau bahkan baca  novel tebal? Jangan sedih yaa teman-teman. Dulu penulis juga pernah merasakan apa yang teman-teman rasakan ketika hanya menjadi penikmat pasif bahasa Inggris. Maksudnya, setelah otak kita menerima (melihat, menyerap, dan mengingat) beberapa kata tersebut, kita tidak langsung mempraktikkan atau menggunakannya dalam kalimat.

Eh, memangnya ada penikmat aktifnya? Tentu dong ya! Artikel kali ini akan membahas cara menambah penguasaan kosakata Bahasa Inggris melalui Games. Permainan apa aja sih yang dimaksud? Cek di bawah ini; siapa tahu ada permainan favoritmu!

Bingo

Image result for bingo
source: mudpuppy.com
Tandai kata-kata baru yang telah kamu baca/lihat/dengar dari sumber manapun. Kemudian segera ambil alat tulis untuk membuat papan persegi BINGO (3x3 atau 9x9 atau sesuai seleramu). Tulis semua kata yang ingin kamu pelajari di papan BINGO  secara acak  dan  ajak seseorang untuk bermain  BINGO bersamamu. Pemenangnya ditentukan dari siapa yang paling banyak mencoret kata segaris (diagonal/vertikal/horizontal).

Scrabble

Image result for scrabble
source: pokerstars.com
Alih-alih bertanding Scrabble secara biasa, kini minta temanmu untuk mendiktekan atau mendeskripsikan kata yang sedang kamu pelajari. Apabila kamu menangkap makna dan hafal kata tersebut, eja kata tersebut di papan Scrabble yang kamu  punya.  Gampang, kan?

Engkle

Image result for engklek
source: majalahjustforkids.com
Ya! Permainan tradisional ini bisa sekali digunakan untuk memperkaya kosakatamu. Caranya, gambar kotak-kotak Engkle, kemudian labeli tiap kotak dengan kosakata yang ingin kamu pelajari. Main engkle seperti biasa dan jatuhkan pionmu di salah satu kotak. Ketika kamu melompat, melangkah  dan  bersiap mengambil pion, jangan lupa buat 3 kalimat  dengan kosakata  di dalam kotak. Lalu ambil pion dan jalanlah seperti biasa.

Word Coach

Image result for word coach
source: androidpolice.com
Bagi  penyuka  gadget, Google punya fasilitas teranyar yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar kosakata baru. Namanya word coach. Di game ini, kamu diminta untuk mencari padanan, lawan, atau bahkan visualisasi kata. Hanya saja, kamu tidak bisa memilih  kata yang akan kamu pelajari karena Google sudah memilihkannya untukmu.

Word Search

Image result for word search
source: thewordsearch.com
Cukup dengan bermodalkan alat tulis, kamu sudah bisa membuat kumpulan huruf-huruf acak yang di  dalamnya ada kosakata yang ingin kamu pelajari. Minta temanmu untuk mencatat berapa detik waktu yang kamu butuhkan untuk mencari kosakata tertentu.

Hot Potato

Image result for hot potato
source: gameonfamily.com
Game ini cocok untuk segala usia dan bisa memancing keseruan. Bentuk lingkaran dengan teman-temanmu dan ambil 1 objek untuk dijadikan 'hot potato'. Objek tersebut harus dilempar ke orang lain agar tangan yang memegang tidak kepanasan. Sambil melempar, sambil menyebutkan kosa kata yang dipelajari. Siapapun yang tidak bisa menangkapnya, maka akan terkena konsekuensi.

Nah, bagaimana kira-kira? Menambah kosakata bisa dilakukan dengan cara yang  menyenangkan, yaa. Yang mana permainan favoritmu?