Iklan Adsense Otomatis

Simple Past vs Past Continuous Tenses

Penulis baru saja menonton film Harry Potter and the Deathly Hallows chapter kedua. Film dibuka dengan Hagrid yang membopong Harry yang terlihat tidak berdaya. Padahal, Harry baru saja "kembali" dari kematian dan berhasil menguatkan dirinya setelah bertemu Profesor Dumbledore. Tapi memang Harry sengaja belum menampakkan bahwa ia sebenarnya baik-baik saja.

Source: vulture.com

Oke! Pertanyaan penulis, setelah Harry bangun dan berkata ke semua orang, tenses apa yang akan digunakan Harry? Bisakah teman-teman menjawab dengan tepat?

Yak! Benar sekali! Harry akan menceritakan kejadian pertemuan dengan Dumbledore menggunakan Simple Past dan Past Continuous Tense. Harry bercerita mengenai peristiwa dan aktivitas di masa lalu, ketika dia masih "mati" karena kutukan Avada Kedavra  Voldemort.

Untuk menyatakan peristiwa di masa lalu secara umum, Simple Past digunakan dengan bentuk kalimat

(+) Subject + Verb 2 / Subject + was/were + Adjective/Noun/Adverb

(-) Subject + did not + Verb 1 / Subject + was/were not + Adjective/Noun/Adverb

(?) Did + Subject + Verb 1 / Was/were + Subject + Adjective/Noun/Adverb?

Ah, time signal yang digunakan adalah yesterday, last (....), (....) ago.

Misalnya dalam kasus Harry Potter:

"I met Professor Dumbledore several hours ago. He told me to strengthen my self. He was very proud of me because I was brave to fight Voldemort."

Sementara untuk menyatakan kejadian yang membutuhkan proses dan waktu yang lama, Past Continuous akan digunakan. Berikut ini bentuk kalimatnya:

(+) Subject + was/were + Verb ing
(-) Subject + was/were not + Verb ing
(?) Was/were + Subject + Verb ing

Misalnya dalam kasus Harry Potter:

"Professor Dumbledore was waiting for me to wake up. He was also sitting in a white bench."

Kata "waiting" dan "sitting" membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, tenses yang digunakan adalah Past Continuous.

Dua tenses ini juga dapat digunakan dalam satu kalimat apabila ada dua kejadian di masa lalu terjadi bersamaan. Sebagai contoh:

I was meeting with my client when my mom called me after lunch.

Atau

I was driving to the airport while my brother was waiting for me at his campus.

Mudah kan ya, untuk membedakan konteksnya serta penggunaannya? Masih bingung? Kuy, tonton film dan simak dialognya. Belajar dari film itu sangat menyenangkan lho!

Happy studying!