Iklan Adsense Otomatis

Present Perfect!


Setelah banyak belajar mengenai tenses lain sebelumnya, hari ini penulis akan membahas Present Perfect Tense. Kira-kira, kapan kita bisa menggunakan tenses yang satu ini ya? Penasaran kah?
source: forum.santabanta.com

Coba pikirkan satu kejadian yang telah dimulai dari masa lalu, dan masih dilakukan sampai sekarang. Sebagai contohnya adalah sekolah, bekerja, atau menulis buku. Semua kegiatan tersebut biasanya dilakukan secara kontinyu; meskipun ada kegiatan lain di sela-sela jeda prosesnya. Benar, bukan?
Untuk aktivitas itulah Present Perfect Tense digunakan; menyatakan kegiatan yang dimulai dari masa lalu dan masih terjadi atau baru saja selesai terjadi di masa kini. 

Lalu, apa bedanya dengan Simple Past Tense? Ia digunakan untuk menyatakan peristiwa yang sudah selesai digunakan di masa lalu dan sekarang tidak terjadi lagi.
Sekarang, bagaimana bentuk kalimat Present Perfect Tense?

(+) Subject + Have/Has + Verb 3
(-) Subject + Have/Has not + Verb 3
(?) Have/Has + Subject + Verb 3

Have digunakan apabila Subject nya I, You, They, We. Has digunakan apabila Subject nya She, He, It. Selain Verb, kita juga bisa menggunakan kata lain seperti Adjective (kata sifat), Noun (kata benda), dan Adverb (kata keterangan).  
 
(+) Subject + Have/Has + Been + Adjective/Noun/Adverb
(-) Subject + Have/Has not + Been + Adjective/Noun/Adverb
(?) Have/Has + Subject + Been + Adjective/Noun/Adverb

Present Perfect Tense juga memiliki keterangan waktu yang khusus; yakni menggunakan since dan for.

                She has been here since two years ago.
                He has been here for two years.

Since digunakan untuk menyatakan kata “sejak”. For digunakan untuk menyatakan kata “selama” yang menunjukkan durasi waktu untuk aktivitas tertentu. So, have you understood my explanation? Try to translate this message!