Iklan Adsense Otomatis

Sinopsis Buku: non fiksi, pengetahuan dan pelajaran

Judul : 33 Pesan Nabi

Penerbit : Zaytuna

Pengarang : Vbi_djenggoten


Allah menciptakan makhluknya dengan sebaik – sebaiknya, kita wajib mensyukurinya. Akan tetapi, kita sebagai mkhluk yang merugi apabila tidak memanfaatkan waktu ibadah, hanya orang–orang yang beriman disebut sebagai orang – orang yang beruntung.


Dalam kehidupan terdapat tiga hal yang wajib dijaga yakni jaga mata, jaga hati dan jaga mulut. Karena untuk menjaga tiga hal itu, tidak mudah, banyak rintangan seperti contoh melihat kemaksiatan, memakan makanan tidak halal, menipu, iri hati, marah, sombong, dan sebagainya. Dari kejelekan itu, pahala yang kita punyai akan habis untuk menghapus dosa – dosa yang kita perbuat.

Saya mengambil hikmah dari buku ini, yakni Dari Abdullah bin Amru RA., katanya Rasulullah SAW. Berkata –Salah satu dosa yang paling besar adalah kalau orang mencaci atau durhaka kepada kedua orang tuanya-. Seorang bertanya -Ya, Rasulullah, bagaimana seseorang mencaci ibu–bapak orang lain?-. Rasulullah SAW menjawab -Jika seseorang mencaci bapak orang lain, kemudian orang lain itu membalas mencaci bapaknya dan mencaci ibunya- tertuang dalam HR.Bukhari.

Dari Abu Hurairah R.A, ia berkata :”Rasulullah SAW bersabda : “Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surge bagi orang kafir.” (HR.Muslim)

Diriwiyatkan oleh Muslim, Ummu Kultsum Binti Uqbah RA, berkata: 

“Aku belum pernah mendengar beliau membolehkan berbohong, kecuali dalam tiga hal, yakni: “

1. Berbohong (mengecoh) musuh dalam peperangan

2. Berbohong dengan pujian untuk mendamaikan pihak yang bertikai

3. Dan perkataan bohong suami terhadap istrinya atau sebaliknya (untuk kemaslahatan rumah tangga keduanya)

Dari Mustaurid bin Syaddad RA, ia berkata :

Rasulullah SAW. Bersabda -Perbandingan antara dunia dan akhirat tidak lain seperti seseorang dari kalian yang mencelupkan jari-jemarinya ke dalam laut, maka tiada daya baginya untuk melakukan perbuatan yang angkuh. Kita dapat melihat bahwa seberapa banyak air yang menempel di jarinya saat dia mencabutnya dari laut- tertuang dalam HR.Muslim