Iklan Adsense Otomatis

Software Free Movie Marker

Apakah Movie Maker itu?


tag: komputer, movie maker 

Movie Maker - Suatu program aksesoris dalam paket OS Windows. Software ini memungkinkan kita ntuk mengedit video dengan cara mengimpor video analog (yaitu gambar maupun video dari kamera video atau kamera digital atau handphone) dan menciptakan video digital (video yang dapat dikonversi beberapa tipenya dan resolusinya kemudian disimpan di dalam komputer). Dengan Movie Maker, kita dapat menggunakan beberapa fasilitas seperti mengedit video, menambahkan teks, narasi, suara dan file. Kemudian kita dapat menyimpan hasil olahan dari Movie Maker ke dalam DVD dan menontonnya di laptop maupun DVD Player.

Keuntungan menggunakan software ini salah satunya memungkinkan kita membuat video sederhana, murah, dan interaktif; video yang memungkinkan audience (pemirsa atau peserta pelatihan) kita berdiskusi, belajar, dan berinteraksi dengan isi atau materi video. Terkhususnya, program ini memungkinkan kita menggunakan video sebagai alat pembelajaran. Misalnya, kita dapat merekam contoh kelas yang sangat bagus dari penggunaan satu komputer dalam cara yang berpusat pada siswa. kita dapat mengeditnya menjadi durasi singkat antara 15 hingga 20 menit, menambahkan pertanyaan diskusi, narasi, dan lain-lain serta menggunakannya bersama para guru dalam program pengembangan profesional ini. Saat kita memulai bekerja dalam bidang ICT, kita dapat menggunakan video digital maupun handphone karena para guru ingin melihat dan mendengar bagaimana guru-guru lain seperti mereka menggunakan ICT dengan cara yang inovatif. Mulai menggunakan software ini, tentu kita membutuhkan gambar maupun video yang didapatkan setelah kita “record” (rekam) dengan menggunakan kamera video atau opsi video pada kamera digital. Saat kita mengambil gambar maupun video, hubungkanlah kamera video atau kamera kita ke laptop dengan kabel data dan kita dapat mengambil gambar-gambar digital kita sesuka kita ke dalam laptop.

Untuk mengakses software ini, Klik Start-Programs-Accessories-Movie Maker. Gunakan File atau Capture Video untuk mengambil gambar video dari lokasi tempat kita menyimpannya pada komputer kita. Kemudian kita dapat menarik dan melepaskan fragmen-fragmen berupa transisi antar video, emoticon ke dalam “storyboard” bisa disebut papan cerita software ini. Storyboard merupakan lembar kerja kita yang dapat membentuk frame by frame (bingkai-bingkai) video kita, menambahkan narasi, suara, dan pada prinsipnya kita dapat mengubah-ubahnya untuk membuat hasil karya akhir terbaik kita.

Contoh Sebuah Storyboard