Iklan Adsense Otomatis

Panduan Lengkap Praktis Mengubah Tampilan Website Joomla Agar Menarik

Panduan Lengkap Praktis Mengubah Tampilan Website Joomla Agar Menarik dan Informatif bagi Pembaca

belajarseru - Dunia kepenulisan berbasis digital alias nge-blog maupun menuangkan karya tulis berbentuk fisik (buku) juga selalu membutuhkan dukungan tampilan website/sampul fisik yang selalu menarik mata pembaca. Anyway, faktor utama yang perlu diperhatikan dalam pembuatan website/portal informasi adalah konten/isi yang informatif bagi pembaca.

Artikel ini akan memandu teman-teman secara runtut dan tuntas untuk mengubah tampilan website joomla baik tampilan website yang berbayar maupun yang gratisan (tidak bayar). Adapun saran tampilan website Joomla gratis lainnya yang bisa didownload secara cuma-cuma dari www.bestofjoomla.com, www.youjoomla.com, dan masih banyak lagi.

Bagi teman-teman yang tertarik untuk melanjutkan membangun website sendiri dengan Joomla, namun masih belum tahu bagaimana cara menggunakan Joomla. Tentu ada bahan pendukung agar dapat membuat website Joomla diperlukan antara lain xampp dan MySQL, Notepad plus-plus yang telah kami siapkan pada laman video tutorial dibawah ini sekaligus teman-teman langsung praktik sebagai referensi/mengembangkan pengetahuannya lewat artikel ini. Berikut ini adalah materi Panduan Lengkap Praktis Mengubah Tampilan Website Joomla Agar Menarik.

Langkah pertama:



Langkah pertama ini yang harus dilakukan adalah mendownload file-file bahan praktik mulai dari tampilan tema (themes), gambar-gambar pendukung, xampp, notepad plus-plus telah kami sediakan pada laman video berikut ini dan lakukan ektrak file tampilan tema Joomla di folder xampp, misalkan C:/ xampp / htdocs / joomla.  

Langkah kedua:

Setelah mendownload semua bahan pendukung praktik dan susunan file terletak pada lokasi yang benar. Kemudian bukalah browser kesayangan teman-teman
 


(Misalnya Mozilla Firefox / Google Chrome / Opera / Safari / Internet Explorer dan lain sebagainya). Kalau kami cenderung memakai Mozila Firefox. Aktifkan MySQL dan Apache terlebih dahulu di Xampp lalu masuklah ke dalam halaman instalasi dan administrator joomla teman-teman, misalkan localhost/joomla/administrator dan localhost/joomla/

Langkah Ketiga:

Selanjutnya langkah ini memandu teman-teman mengedit/mengubah tampilan menu judul tampilan website Joomla, bisa tidak sama dengan contoh dibawah ini. 

 Langkah keempat:

Setelah mengedit menu judul di tampilan website Joomla sesuai keinginan/selera teman-teman, saatnya teman-teman membuat artikel (misalnya membuat tabel, insert gambar konten/isi) dan menghubungkan artikel.


Langkah kelima:


Poin kelima ini praktik memutuskan menu yang akan dipakai/dimunculkan pada tampilan website Joomla dan mengedit header dan footer tampilan website Joomla.

Langkah keenam:

Pada kesempatan ini tak lama kemudian menuju finalisasi, kita akan mengganti gambar slideshow, logo yang terletak disudut atas kiri dan favicon tampilan tema Joomla juga mengganti sosial menu. Pertama-tama siapkan logo baru dengan ukuran 1366px x 238px sedangkan untuk favicon dengan ukuran 16px x 16px dan format gambar slideshow JPEG dengan ukuran berbagai macam ukuran 270px x 171px | 770px x 488px | 560px x 355px | . 270px x 171px | 900px x 570px | 70px x 44px. Penyimpanan gambar berformat PNG disarankan transparant (transparasi penuh). Kemudian langkah selanjutnya tumpuki file logo yang awal (overwrite), lokasi logo yang ada di C:/ xampp / htdocs / joomla / images sedangkan lokasi favicon di C:/ xampp / htdocs / joomla / templates / numodusversus dan lokasi gambar slideshow di C:/ xampp / htdocs / joomla / media / k2 / items / cache. . Setelah logo dan favicon awal ditumpuk dengan logo dan favicon juga gambar slideshow baru buatan kita sendiri, maka automatis logo dan gambar pada tampilan website Joomla teman-teman berubah.  

Langkah ketujuh:

Kesempatan ini adalah puncak finalisasi mengedit tampilan website, berawal langkah pertama hingga langkah ketujuh kami berbagi berdasarkan pengalaman penugasan perkuliahan mengenai mereplika website departemen kami yakni Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Airlangga Surabaya. Materi berisikan mengedit menu kontak Joomla dan Layout Beranda yang akan menampilkan kalender dan Lates Post Artikel



Cara mengedit fitur-fitur bawaan template ke dalam website berbasis Joomla, sudah kami berikan di dalam panduan lengkap praktis sekaligus praktik diatas. Tentunya hal ini sebagai referensi pengembangan pengetahuan baru dan silahkan dipelajari juga sukses selalu untuk website Joomla yang teman-teman bangun, sehingga usaha teman-teman bisa berkembang dengan baik.

tag: Ilmu perpustakaan, Joomla, Programmer, Website