Iklan Adsense Otomatis

Ica-Atom

ICA-ATOM

Penulis: Wahyu Febrianto
 

ICA-AToM (International Council on Archives-Access to Memory) adalah software pengelolaan arsip elektronik bersifat open source berbasis website, sehingga dalam pengoperasiannya menggunakan peramban web seperti Firefox, Safari, Internet Explorer, Opera, dan lainnya. Aplikasi ini dibuat untuk mendeskripsikan arsip guna memudahkan dalam temu kembali arsip dan pengembangannya sebagai lebih dari satu tempat penyimpanan arsip (multi repository) Habiburrahman (2016). Di samping itu, Habiburrahman (2016) menyebutkan beberapa kelebihan aplikasi ini. Pertama, semua tampilan aplikasi ICA-AToM didukung dengan berbagai bahasa (multi-lingual) yang sesuai kebutuhan pengguna seperti bahasa Arab, Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, Portugis dan lain-lain. Kedua, aplikasi ini memiliki fitur import data dari XML, OAI, EAD. Sedangkan fitur eksport data deskripsi arsip menggunakan EAD XML. Kemudian aplikasi ICA-AToM menyediakan akses bagi data atau objek digital yang ingin dimasukkan dalam konten data arsip contoh file .JPEG, Flash Video. Selain itu, ICA-AToM bisa diakses dengan koneksi internet dan bisa di-host dengan biaya minimal dalam jangka panjang Rifqi (2017). Namun aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Pertama, hak istimewa pengguna masih sebatas pada administrator, contributor, translator dan editor. Kedua, layanan peminjaman arsip untuk user belum ada. Ketiga, belum bisa digunakan pada layanan peminjaman untuk dibaca ditempat. Terakhir, JRA (Jadwal Retensi Arsip) secara otomastis belum disediakan oleh ICA-AToM.
 
tag: Ica_Atom, otomasi aplikasi arsip,
Referensi
Habiburrahman. 2016. Penggunaan Perangkat Lunak Dalam Pengelolaan Arsip Konvensional Dan Elektronik. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. 1(2). 226-240.
Rifqi, Ach. Nizam. 2017. Analisa Tingkat Usability Software Open Source ICA AToM. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan. 10(2). 122-139.