Iklan Adsense Otomatis

Pemahaman Materi Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 SMP

Hai, sobat belajarseru! Kalian sedang duduk pada bangku sekolah menengah pertama, coba definisikan apa yang dimaksud Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)? kalian sering kali mengatakan bahwa pelajaran IPA menarik dan asyik, kini mimin bakalan mengupas secara langsung berdasarkan rangkuman tentang Ilmu Pengetahuan Alam. Apalagi belajar ilmu pengetahuan alam terdapat manfaat seperti mampu memahami berbagai hal dan kondisi di sekitar. Hal ini mengantarkan kalian yang akan beranjak pada ragam-ragam IPA selanjutnya.

Apa itu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)?

Suatu ilmu yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. Objek yang dipelajari dalam IPA meliputi seluruh benda-benda di alam dan segala interaksinya.

Macam-Macam Ilmu Pengetahuan Alam

  1. Ilmu Fisika adalah tentang energi, gerak dan cahaya
  2. Ilmu Biologi adalah tentang benda-benda hidup
  3. Ilmu Kimia adalah tentang perubahan zat dan makanan
  4. Ilmu Bumi atau Antariksa adalah tentang matahari, bulan, planet, dan benda-benda lain yang berada di luar angkasa

Dalam penyelidikan di bidang Ilmu Pengetahuan Alam diperlukan pengamatan secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun proses yang harus dikuasai saat penyelidikan ilmiah seperti pengamatan, membuat referensi, mengkomunikasikan temuan kepada para ahli. Keterampilan proses terdiri dari observasi, klasifikasi, pengukuran, komunikasi, prediksi, dan inferensi.

Tahapan metode ilmiah

  1. Merumuskan masalah
  2. Mengumpulkan informasi dan data faktual
  3. Melakukan percobaan atau penelitian
  4. menganalisis data
  5. Membuat kesimpulan
  6. Mengkomunikasikan hasil penelitian
Sikap Ilmiah merupakan suatu sikap menerima pendapat orang lain dengan baik dan benar tanpa mengenal putus asa dengan ketekunan maupun keterbukaan secara proses keilmuan. Proses keilmuan untuk mendapatkan pengetahuan secara sistematis melalui bukti fisik. 

Akhirnya, kalian mengetahui dan memahami pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang kalian sukai. Mimin persilahkan kepada para pembaca dengan senantiasa berbagi pengetahuan melalui kolom komentar pada sesi ini.