Iklan Adsense Otomatis

Alat-alat Yang Digunakan Pada saat Zaman Neolitikum dan Paleolitikum

Alat-alat Yang Digunakan Pada saat Zaman Neolitikum dan Paleolitikum

Alat-alat Yang Digunakan Pada Zaman Paleolitikum

Pada zaman ini alat-alat yang digunakan manusia masih terbuat dari batu kasar yang belum dihaluskan. Kehidupan masyarakat pada masa ini masih sangat rendah. Berikut contoh alat-alat yang digunakan pada saat zaman paleolitikum:

1. Kapak Genggam

Kapak genggam adalah batu yang memiliki kesamaan dengan kapak. Meskipun alat ini tidak bertangkai dan cara menggunakannya dengan digenggam. Kapak Genggam biasanya digunakan oleh manusia untuk berburu

2. Alat-alat Serpih (flakes)

Alat-alat serpih merupakan batu pecahan sisa-sisa pembuatan kapak genggam yang dibentuk menjadi tajam. Alat ini digunakan sebagai pisau.

Alat-alat Zaman Neolitikum

Alat-alat yang dihasilkan pada zaman ini meski masih terbuat dari batu tetapi sudah dihaluskan. Contoh alat-alat yang digunakan pada saat zaman neolitikum antara lain:

1. Beliung persegi

Sesuai dengan namanya, alat ini mempunyai penampakan berbentuk persegi panjang. Beliung persegi mudah ditemukan pada seluruh bagian wilayah di Indonesia, khusuusnya wilayah Indonesia bagian barat

2. Kapak Lonjong

Kapak ini berbentuk lonjong dengan bagian tajam runcing dan sedikit melebar. Bagian tajam digosok dan diasah pada dua sisi sehingga menghasilkan tajam yang simetris. Bahan pembuatan kapak lonjong terbuat dari batu kali yang berwarna hitam.