Iklan Adsense Otomatis

Definisi Norma Kesusilaan dan Kesopanan beserta Contohnya

Definisi Norma Kesusilaan dan Kesopanan beserta Contohnya


Perlu kita ketahui pengertian norma adalah suatu kaidah, aturan/adat kebiasaan/hukum yang berlaku dalam masyarakat dan lingkungan sosial tempat kita berada. Pada kalangan masyarakat terdapat berbagai norma seperti norma agama, norma kesusilaan, norma hukum dan norma kesopanan.
Norma kesopanan/norma sopan santun/tata krama/adat istiadat merupakan kaidah/peraturan yang muncul dari hasil interaksi sosial atau lingkungan setempat. Norma ini bersifat relatif yang artinya "apa yang dianggap sebagai norma kesopanan berbeda di berbagai wilayah/daerah, lingkungan ataupun waktu". Sederhananya, norma kesopanan/tata krama merupakan kaidah/peraturan sosial yang mengacu ke hal-hal berkenaan dengan cara seseorang bertingkah laku wajar dalam kehidupan bermasyarakat. Sumber utama norma kesopanan adalah perilaku yang baik seksama dalam suatu masyarakat yang dicerminkan sebagai pedoman untuk mengontrol tingkah laku manusia. Adapun sanksi bagi pelanggarnya, yaitu dicemooh atau dikucilkan oleh masyarakat/lingkungan setempat.
Norma Kesusilaan merupakan sebuah aturan sosial yang mengatur tentang cara manusia berperilaku secara umum yang berlandaskan dari lubuk hati nurani manusia itu sendiri. Adapun sanksi bagi pelanggarnya, antara lain rasa bersalah/penyesalan mendalam bagi pelanggarnya.
Seringkali kedua norma ini hampir hilang di masa ini, dimungkinkan karena peran utama fungsi hape telah menggeser tingkah laku kaum belia/muda kepada kaum tua/seksama yang memiliki kecenderungan mereka sering melakukan proses interaksi sosial melalui media online/tanpa langsung tatap muka dan mencerminkan sikap tak acuh dan kaku.

Budaya sopan santun sangat perlu dan penting yang harus dimiliki setiap manusia, baik di tengah kalangan masyarakat maupun organisasi/instansi yang di tempat berada. Tidak adanya budaya sopan santun/lebih sering disebut etika kerja, tentu dapat mengakibatkan terjadinya perselisihan antar seksama anggota organisasi. Sedangkan norma kesusilaan sebagai bentuk keharmonisan hubungan antarmanusia yang baru/telah terjalin dari interaksi sosial

Dibawah ini salah satu contoh norma kesusilaan, antara lain:

1) Menanamkan sikap jujur dalam perkataan dan perbuatan;

2) Rasa menghormati sesama manusia;

3) Saling membantu orang lain yang membutuhkan secara tanpa pamrih;

4) Tidak mengganggu orang lain dalam aktivitas/kegiatan;

5) Jika meminjam uang, sebaiknya melunasi hutang.

Dibawah ini contoh norma kesopanan, antara lain:

1) Menggunakan bahasa yang lebih halus jika berbicara dengan orang yang lebih tua;

2) Sikap mengalah dengan mempersilakan wanita duduk, jika bus atau kereta telah penuh;

3) Bertamu alangkah baiknya mengetuk pintu dan mengucapkan salam;

4) Menerapkan budaya gotong royong untuk kepentingan bersama; dan

5) Mengundang tetangga, teman, kerabat jika menyelenggarakan sebuah acara.

6) Masyarakat pengurus adat sedang melakukan kegiatan musyawarah untuk menentukan suatu peraturan daerah setempat

7) Perilaku sopan santun kepada guru, orang tua/orang yang dihormati

8) Rasa toleransi terhadap umat beragama sedang melaksanakan ibadah menurut agama masing-masing

tag: norma kesusilaan, norma kesopanan,