Iklan Adsense Otomatis

Gambaran Umum Rancangan Program SLIM Omnibus

Gambaran Umum Rancangan Program SLIM Omnibus


Surabaya Libraries Integration System Omnibus merupakan jaringan kerjasama antar perpustakaan perguruan tinggi negeri maupun swasta di Kota Surabaya yang memiliki tujuan untuk keteraksesan koleksi secara online dan offline sebagai sumber pengetahuan kepada mahasiswa dan tenaga pendidik juga karyawan. Surabaya Libraries Integration System Omnibus menyediakan akses katalog dan koleksi digital di perpustakaan perguruan tinggi negeri maupun swasta di Kota Surabaya. 
 
Penyelenggaraan Surabaya Libraries Integration System Omnibus sebagai bentuk jaringan kerjasama antar perpustakaan untuk keteraksesan informasi dalam memenuhi kebutuhan informasi kepada pengguna. Sederhananya bentuk kerjasama perpustakaan Surabaya Libraries Integration System Omnibus dikategorikan menjadi dua jenis antara lain penyediaan akses sumber informasi melalui website dan penyediaan layanan sumber informasi di perpustakaan unit anggota SLIM Omnibus secara langsung. Benefit yang didapatkan dari layanan SLIM Omnibus ini sebagai berikut 1) Pusat akses penelusuran koleksi buku di berbagai perpustakaan perguruan tinggi negeri dan swasta dalam satu rumpun website; 2) Dapat memanfaatkan sumber informasi dari berbagai perpustakaan perguruan tinggi negeri dan swasta; 3) Mendapatkan potongan biaya untuk keteraksesan masuk perpustakaan anggota SLIM Omnibus dalam penggunaan sumber informasi bagi pengguna dari luar institusinya. 
 
Perpustakaan Universitas Airlangga dalam jaringan kerjasama SLIM Omnibus ditunjuk sebagai coordinator teknis yang mengelola, memfasilitasi, dan melaksanakan jaringan kerjasama SLIM Omnibus. Dengan adanya jaringan integrasi antar perpustakaan negeri maupun swasta di Surabaya diharapkan dapat memberikan peluang bagi pengguna khususnya mahasiswa, untuk mencari informasi yang mereka butuhkan terutama untuk menunjang tugas akademik. Hal ini penting dilakukan mengingat tidak semua perpustakaan perguruan tinggi mempunyai koleksi yang dibutuhkan mahasiswa, sehingga apabila merasa kurang informasi pada satu perpustakaan perguruan tinggi maka pengguna dapat mencari referensi di tempat lain yang sekiranya memiliki koleksi yang lebih lengkap. Dengan adanya sistem SLIMS Omnibus ini diharapkan untuk pengguna tidak perlu mengurus administrasi yang dirasa berbelit – belit dan malah menyusahkan. Yang justru menjadi penghambat dalam mencari informasi di perpustakaan lain, sehingga pengguna dari luar nantinya malah tidak mau lagi berkunjung. 

tag: Ilmu perpustakaan, Inovasi Layanan Perpustakaan,