Iklan Adsense Otomatis

Visualisasi Bibliometrik terhadap Jurnal Prodi Keperawatan dan Database Scopus "Nutrition and Dietetics"

VISUALISASI BIBLIOMETRIK PENELITIAN PRODI KEPERAWATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA DAN SCOPUS “NUTRITION AND DIETETICS”


Latar Belakang 

Sebuah profesi dituntut untuk mengeksplisitkan pengetahuan yang ada supaya tidak terjadi amnesia corporate di dalam suatu organisasi atau institusi selain itu suatu profesi diharuskan untuk selalu memperbarui pengetahuan yang ada di bidangnya sehingga pengetahuan akan terus berkembang dan terupdate. Dalam konteks ini suatu profesi membutuhkan suatu jurnal ilmiah sebagai sarana untuk meningkatkan profesionalisme anggotanya. Salah satu profesi di bidang kesehatan dalam rangka mensosialisasikan berdasarkan dari hasil analisa temuan ilmiah, tentu membutuhkan dukungan jurnal ilmiah untuk mendorong kapasitas tingkat kepercayaan terhadap hasil analisa temuan data ilmiah yaitu profesi keperawatan, konsep atau teori baru yang akan menjadikan dasar dalam memberikan pelayanan atau asuhan keperawatan. Dengan demikian, perkembangan publikasi keperawatan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan seiring bertambahnya universitas dan atau sekolah tinggi lain yang menyelenggarakan pendidikan di bidang keperawatan.

Ditambah lagi kehadiran jurnal berskala nasional dan internasional yang mampu membantu pengguna menambah wawasan serta menemukan informasi terkait publikasi kesehatan. Scopus merupakan salah satu database jurnal bereputasi internasional yang sangat popular dan sering diakses. Seluruh akademisi berlomba-lomba untuk mengirimkan karya publikasinya agar mendapat karyanya mendapatkan index scopus. Dengan adanya pangkalan data scopus ini akademisi sangat dipermudah untuk mencari jurnal-jurnal yang kredibel untuk menunjang kegiatan penelitiannya sebagai bahan referensi. Dalam scopus terbagi menjadi empat bidang ilmiah, yakni; sains fisik dan teknik, ilmu hayati, ilmu sosial, dan ilmu kesehatan salah satunya yakni ilmu keperawatan. Terbitan publikasi kesehatan jumlahnya lebih banyak daripada ilmu sosial, salah satu subject area keperawatan dalam database scopus adalah subjek Nutrition and Dietetics . Subject nutrition and dietetics merupakan multidisiplin di bidang ilmu gizi, nutrisi klinis, praktik diet dan nutrisi kesehatan masyarakat. Ruang lingkup jurnal mengakui beragamnya nutrisi dan penelitian diet dan akan mempertimbangkan materi dari semua aspek yang menggunakan berbagai metodologi seperti, epidemiologi kesehatan masyarakat, penilaian diet, intervensi diet, praktik diet, biokimia gizi, nutrigenomik dan metabolomik. Hal ini menjadikan publikasi mengenai kesehatan khususnya di bawah bidang keperawatan mampu berkembang cukup pesat karena kemudahan akses dalam menemukan sumber referensi yang kredibel. Sehingga perlu disoroti dalam penulisan sebuah karya ilmiah keterkaitan antara publikasi satu dengan publikasi satunya dan antara penulis satu dengan penulis lainnya karena adanya kemudahan akses ini.

Sehingga untuk melihat keterkaitan terbitan publikasi dapat dianalisa menggunakan analisa bibliometric dimana analisis ini merupakan sebuah metode kuantitatif untuk menganalisis data bibliografi yang ada di artikel atau jurnal. Analisis ini biasanya digunakan untuk menyelidiki referensi artikel ilmiah yang dikutip dalam sebuah jurnal, pemetaan bidang ilmiah sebuah jurnal, dan untuk mengelompokkan artikel ilmiah yang sesuai dengan suatu bidang penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam analisis bibliometrik adalah pendekatan citation analysis untuk melihat satu artikel yang dikutip oleh satu artikel lain, dan pendekatan co-citation analysis untuk menemukan dua artikel atau lebih yang dikutip oleh satu artikel. Analisis alternatif menjadi salah satu solusi dalam rangka mengungkap posisi riset dan mengidentifikasi tren riset dalam suatu bidang ilmu.

Dalam tulisan ini, penulis menganalisis jurnal keperawatan unair yang beralamatkan https://e-journal.unair.ac.id/JNERS dan database Scopus dengan subjek area “Nutrition and Dietetics” dimana penulis memetakan hasil publikasi menggunakan perangkat lunak VosViewer. Penulis ingin melihat keterkaitan antara publikasi satu dengan publikasi yang lain serta keterkaitan penulis satu dengan penulis yang lain dan mengidentifikasi tren dalam riset keperawatan UNAIR dan subjek area bertemakan Nutrition and Dietetics dalam database Scopus.

Visualisasi Bibliometrik Menggunakan VOSviewer

Hasil analisis bibliometrik penelitian kali ini dapat divisualisasikan salah satunya menggunakan Vosviewer. Vosviewer merupakan salahh satu diantara program-program komputer yang tersedia secara gratis di internet guna membuat, memvisualisasikan, dan mengeksplorasi peta pengetahuan bibliometrik (http://www.vosviewer.com) (Leydesdorff dan Rafols, 2012).

Kepanjangan VOS dalam VOSviewer adalah “Visualization of Similarities”. Kelebihan VOSviewer dibanding aplikasi analisis yang lain, program ini menggunakan fungsi text mining untuk mengidentifikasi kombinasi frase kata benda yang relevan dengan pemetaan dan pendekatan clustering terpadu untuk memeriksa jaringan co-citation data dan co-occurence (Van Eck dan Waltman 2010, 2011). Hadirnya program-program untuk menganalisis per kata sering muncul, dan kesamaan matriks, kelebihan VOSviewer adalah pada visualisasi terhadap hasil analisis (Van Eck dan Waltman, 2011). Pilihan dan fungsi interaktif program menjadikannya mudah diakses dan mudah untuk mengeksplorasi jaringan data bibliometrik seperti jumlah kutipan dan/hubungan co-occurence di antara istilah kunci dan konsep (Van Eck dan Waltman 2010, 2011).

Unduh Fullteks: VISUALISASI BIBLIOMETRIK PENELITIAN PRODI KEPERAWATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA DAN SCOPUS “NUTRITION AND DIETETICS” 
 
tag:analisa vosviewer, bibliometrika, Ilmu perpustakaan, Universitas Airlangga, Scopus

Daftar Pustaka

Leydesdorff, L., & Rafols, I. (2012). Interactive overlays: A new method for generating global journal maps
Van Eck, N. J., & Waltman, L. (2010). Software survey: VOSviewer, a computer program for bibliometric mapping. Scientometrics, 84(2), 523–538.
Van Eck, N. J., & Waltman, L. (2011). Text mining and visualization using VOSviewer. SSI Newsletter, 7(3), 5054.