Iklan Adsense Otomatis

Pengertian Bentuk Perubahan Sosial: Revolusi, Evolusi, Direncanakan, dan Tak Direncanakan

Pengertian Bentuk Perubahan: Revolusi, Evolusi, Direncanakan, dan Tak Direncanakan



Definisi Perubahan Tak Terencana

Perubahan tak terencana adalah perubahan yang terjadi diluar kehendak atau nalar manusia, biasanya perubahan seperti (contoh bencana alam: gunung meletus, banjir bandang, kebakaran, angin topan, tsunami, tanah longsor) ini menjadi masalah bagi masyarakat.

Definisi Perubahan Terencanakan

Perubahan sosial yang direncanakan merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Definisi Perubahan Revolusi

Perubahan revolusi adalah perubahan sosial budaya secara cepat dengan perubahan yang begitu menonjol. Biasanya, revolusi terjadi karena sudah direncanakan dengan baik dan matang, sehingga dalam melaksanakan perubahannya tidak membutuhkan waktu lama. Orang-orang ini biasanya adalah orang-orang yang mudah menerima perubahan.

Definisi Perubahan Evolusi

Perubahan evolusi merupakan perubahan sosial budaya secara lambat dan berubah secara perlahan-lahan. Biasanya, hal-hal yang berubah secara perlahan seperti ini terjadi tanpa di sadari dan di rencanakan dengan detail, atau bahkan tanpa ada perencanaan sekali pun. Seperti pada contoh diatas, semakin lama teknologi semakin berkembang.